<p style="text-align: justify;"> Salah satu keterampilan paling berharga yang wajib kita miliki dalam hidup adalah manajemen waktu yang efektif. Apabila kita tidak mengelola waktu dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa kita tidak akan mencapai tujuan yang direncanakan. Tidak peduli siapa kota, usia, pendapatan, jenis kelamin, ras atau agama kita, tetap saja kita semua memiliki jumlah waktu yang sama dengan orang lain.</p> <p style="text-align: justify;"> Entah kaya raya atau tidak, waktu yang dimiliki tetaplah sama. Tentunya, ini bukan tentang berapa banyak waktu yang kita miliki, namun tentang seberapa efektif sih kita bisa memanajemen waktu. Jadi, jika kita serius ingin mencapai tujuan, cobalah untuk mengatur manajemen waktu yang dimiliki menjadi lebih efektif.</p> <p style="text-align: justify;"> Lalu Bagaimana caranya? Berikut adalah 10 tips yang dapat membuat Anda mampu mengatur waktu menjadi lebih bermanfaat:</p> <p style="text-align: justify;"> 10 Tips Membuat Waktu Anda Menjadi Lebih Produktif:</p> <p style="text-align: justify;"> 1. Tetapkan tujuan dengan jelas Tujuan yang dimaksud disini adalah, tujuan hidup - tujuan investasi - tujuan keuangan - impian. Dalam hal ini gunakan metode SMART untuk membantu Anda melihat semuanya. (S – Specific, M – Measurable, A – Attainable, R – Relevant, T – Timely). Menetapkan tujuan dengan jelas akan membuat kita bisa memahami dengan jelas mengapa kita harus mencapai tujuan yang telah dibuat.</p> <p style="text-align: justify;"> 2. Temukan sistem manajemen waktu yang baik Memanfaatkan waktu - produktif - produktivitas. Salah satu tips untuk mengatur waktu Anda adalah menemukan sistem yang tepat dalam mengatur waktu. Sistem manajemen waktu dalam kuadran dapat menjadi pilihan paling efektif. Cobalah membagi aktivitas Anda menjadi empat kuadran berdasarkan kepentingannya. Mulai dari hal-hal yang sangat penting, mendesak dan menjadi prioritas(1), kemudian dilanjutkan dengan hal-hal yang penting namun tidak mendesak(2), lalu hal-hal yang tidak terlalu penting tapi harus dilakukan(3), dan diakhiri dengan hal-hal yang menjadi keinginan dan tidak penting(4).</p> <p style="text-align: justify;"> 3. Rincikan waktu Anda selama tujuh hari berturut-turut cara mengatur waktu - waktu produktif adalah Luangkan waktu tujuh hari untuk menilai bagaimana cara Anda menghabiskan waktu yang dimiliki. Apa yang sedang Anda lakukan saat ini dan kemarin? Apakah waktu yang dimiliki telah dihabiskan dengan bijak? Catatlah itu di diary kalian. Jika Anda menggunakan sistem kuadran, lingkari atau log kuadran yang terkait aktivitasnya. Pada hari terakhir dalam tujuh hari, hitung semuanya, dan lihat dimana Anda menghabiskan sebagian besar waktu yang ada?</p> <p style="text-align: justify;"> 4. Masukkan kebiasaan kunci ke dalam hidup Anda rahasia keuangan orang terkaya - terus belajar. Charles Duhig dengan pedih menciptakan kebiasaan kunci dalam bukunya yang berjudul, The Power of Habit. Dalam arsitektur, batu kunci adalah batu yang menampung semua batu lainnya. Demikian pula, kebiasaan kunci tidak hanya membantu membentuk kebiasaan baik lainnya, tapi juga membantu menghilangkan kebiasaan buruk juga. Fokus pada kebiasaan utama dan Anda akan menjadi lebih baik dalam mengelola keseluruhan waktu Anda dengan membuat pengembangan kebiasaan Anda menjadi lebih mudah.</p> <p style="text-align: justify;"> 5. Hilangkan kebiasaan buruk Salah satu pemboros waktu terbesar yang kita miliki adalah kebiasaan buruk kita. Entah itu terlalu banyak membuka media sosial, bermain game, pergi minum bersama teman, atau hal-hal lainnya tanpa disadari telah menghabiskan waktu berharga yang mereka miliki. Gunakan waktu Anda dengan bijak dengan menghilangkan kebiasaan buruk jika Anda ingin secara serius mencapai tujuan besar dalam hidup.</p> <p style="text-align: justify;"> 6. Seringlah istirahat saat bekerja Anda mungkin merasa bahwa semakin lama Anda bekerja maka semakin maksimal juga hasil yang akan didapatkan. Pernyataan tersebut tentunya benar, akan tetapi tahukah Anda bahwa tubuh dan otak kita akan menjadi lebih produktif apabila memiliki istirahat sejenak? Jangan memaksa diri untuk terus bekerja tanpa henti. Ambil waktu sejenak untuk sekedar beristirahat, dan kembalilah bekerja di saat Anda telah merasa pulih dari keletihan.</p> <p style="text-align: justify;"> 7. Meditasi atau olahraga setiap pagi Meditasi atau olahraga setiap pagi - menjadi lebih produktif. Anda mungkin berpikir bahwa ini tidak akan membantu mengatur waktu Anda dengan lebih baik. Akan tetapi bermeditasi dan berolahraga setiap pagi akan memberi keseimbangan dalam otak. Hilangkan setiap pemikiran negatif dan lakukan hal ini dengan serius. Tanpa disadari energi, stamina, dan fokus mental kita akan mengalami pergeseran drastis menjadi lebih baik.</p> <p style="text-align: justify;"> 8. Buatlah daftar tugas di malam hari untuk hari berikutnya membuat daftar - ceklis Setiap malam sebelum tidur, buatlah daftar tugas untuk hari berikutnya. Lihatlah tujuan Anda dan lihat apa yang dapat Anda lakukan. Dengan membuat daftar tugas dan menetapkan tujuan untuk hari itu secara efektif. Tujuan harian lebih mudah dicapai, dan secara perlahan juga akan membantu mend ekati tujuan jangka panjang yang lebih besar.</p> <p style="text-align: justify;"> 9. Temukan inspirasi saat Anda merasa tidak bersemangat Carilah orang yang bisa menjadi inspirator bagi anda. Karena Sulit untuk tetap berada di jalur dengan efisiensi waktu saat Anda kehilangan semangat di dalam diri. Temukan cara untuk menghidupkan kembali api yang ada dengan menemukan kembali inspirasi dari hal-hal yang dapat memotivasi diri kita sehari-hari.</p> <p style="text-align: justify;"> 10. Dapatkan mentor yang bisa membimbing Anda Menemukan mentor sangat penting. Sangat mudah untuk menjadi terganggu dan terbujuk saat Anda tidak memiliki seseorang yang membimbing Anda. Tapi bila Anda secara pribadi mengandalkan seseorang yang telah melalui setiap tantangan yang sama dan dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda, lebih mudah untuk tetap berada di jalur dengan waktu Anda. Temukan mentor yang baik yang dapat membantu Anda selama perjalanan mencapai tujuan. Ingatlah, waktu adalah sebuah aset yang sangat berharga dan tidak akan pernah kembali lagi. Intinya adalah pastikan kalian melakukan hal-hal yang ingin kalian lakukan dan itu mengarah pada jenis kehidupan dan bisnis yang Anda inginkan. Jangan biarkan setiap tantangan dan orang lain mempengaruhi Anda dan masa depan dari diri Anda.</p> <p style="text-align: justify;"> Ketahuilah bahwa ini hidupmu, Katakan tidak pada hal-hal yang akan membuang waktu dengan percuma tanpa akan memberikan perkembangan di masa depan. Disaat Anda telah berhasil mengatakan tidak akan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi perkembangan diri, maka sekarang saatnya Anda untuk berfokus pada pengembangan, Lakukanlah banyak hal yang bermanfaat bagi diri sendiri, salah satunya adalah menciptakan keuangan yang baik bagi masa depan.</p> <p style="text-align: justify;"> 001/KIM/BKS</p>
10 Tips Manajemen Waktu Agar Tetap Produktif
01 Jun 2020