IHDN Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Bongkasa

  • 27 Juli 2020
  • Dibaca: 115 Pengunjung
IHDN Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Bongkasa

Bongkasa-(26/07/2020) Telah digelar kegiatan Pengabdian Masyarkat oleh Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Institute Hindu Dharma Negri (IHDN) Denpasar pada (26/07) bertempat di Wantilan Pura Desa Bongkasa.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Perbekel Desa Bongkasa, pimpinan BPD, Bendesa Adat, Ketua Sabha Desa, Penyuluh Bahasa Bali, Penyuluh Agama, Kepala SMP N 4 Abiansemal, serta perangkat desa.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan program LP2M IHDN Denpasar yang di laksanakan di desa bongkasa dan sebelumnya sempat tertunda akibat terhalang pandemi covid-19. Adapun kegiatan ini mengusung tema peningkatan kemampuan “Menulis Lontar dan Membaca Lontar di Desa Bongkasa” dengan menghadirkan 25 peserta yang terdiri anak-anak SMP di wilayah Desa Bongkasa.

Diwawancarai usai kegiatan pembukaan Diah Desi Sentana selaku dosen dan ketua panitia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat kampus IHDN yang mana harusnya sudah di gelar pada 11 juli hingga 16 agustus 2020. Namun, akibat pandemi harus di undur menunggu situasi kondusif.

“Kegiatan ini harusnya digelar pada 11 juli namun karena kami melihat situasi belum kondusif akibat pandemic covid-19, jadi kami mengundur pelaksanaan kegiataan dan menerapkan metode daring dalam persiapan dan proses-prose rapat untuk menyiapkan acara ini”. Ujar Diah.

Senada dengan itu Perbekel Desa Bongkasa I Ketut Luki juga mengapresiasi kegiatan ini, terkait dengan pelestarian bahasa, aksara dan budaya. Namun beliau berpesan agar tetap menjaga protokol kesehatan ditengah pandemic ini seperti dengan mengenakan masker, handsinitizer, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan.

“tiang mengapresiasi kegiatan pengabdian kampus IHDN niki, karena sejalan dengan Pergub Pelestarian Bahasa Aksara dan juga Budaya, namun harus disesuaikan pelaksanaanya di tengah pandemi ini dengan menerapkan protokoler Kesehatan” tegas Luki.

001/KIM/BKS

  • 27 Juli 2020
  • Dibaca: 115 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita