Efisien: Kecamatan Abiansemal Gunakan SIADEK sebagai alat Bantu Pemutahiran Data Pemilih

  • 27 Juli 2020
  • Dibaca: 85 Pengunjung
Efisien: Kecamatan Abiansemal Gunakan SIADEK sebagai alat Bantu Pemutahiran Data Pemilih

Abiansemal-Guna memastikan tahapan pemutakhiran data pemilih melalui mekanisme penelitian dan pencocokan daftar pemilih berjalan baik, KPU Kabupaten Badung melakukan monitoring di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Badung pada Sabtu (25/07/2020), sebagai bentuk dari kesiapan pihak penyelenggara dalam Pilkada Serentak 20220, walaupun di situasi pandemi Covid-19.

Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Kabupaten pun turut ambil bagian dalam melakukan monitoring yang menyasar masyarakat. Kegiatan ini juga didampingi Anggota Komisioner KPU Badung , Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Abiansemal, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, S.H. selaku komisioner KPU Badung Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi menerangkan kegiatan monitoring ini sebagai bentuk sinergitas lembaga dengan penyelenggara ditingkat kecamatan maupun desa. Disamping juga memastikan agar pelaksanaan coklit berjalan dengan baik dan lancar.

Saat monitoring di Desa Punggul dan Sibang Kaja dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Abiansemal, terungkap bahwa PPDP yang bertugas mengadopsi data dari Sistem Informasi Administrasi  Desa dan Kelurahan (SIADEK). KPU Kabupaten Badung tentunya mengapresiasi  pemanfaatan teknologi dalam proses pendataan kependudukan melalui SIADEK. Aplikasi ini membantu perangkat desa dalam pencatatan mutasi kependudukan, untuk kemudian dilaporkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung. Dengan demikian, setiap mutasi kependudukan dapat selalu terbaharukan sehingga PPDP dapat bekerja lebih efisien di tengah pandemi Covdi-19.

“Dalam proses pemutakhiran data pemilih, SIADEK sangat membantu PPDP dalam proses coklit. Terobosan ini tentunya dapat pula diterapkan oleh desa dan kelurahan lainnya,” ucap Anggota KPU Kabupaten Badung I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra saat monitoring di Abiansemal.

Di sisi lain, masyarakat Badung juga mendukung pelaksanaan coklit di tengah pandemi Covid-19 ini. tenntunya dengan penerapan protokoler kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, face shield, sarung tangan dan dalam kondisi tubuh yang fit.

001/KIM/BKS

  • 27 Juli 2020
  • Dibaca: 85 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita