BONGKASA JAYANTI 3 LOMBA BALI GRAFI TINGKAT KABUPATEN BADUNG TAHUN 2020

  • 12 Februari 2020
  • Dibaca: 63 Pengunjung
BONGKASA JAYANTI 3 LOMBA BALI GRAFI TINGKAT KABUPATEN BADUNG TAHUN 2020

Mangupura-(8 Februari 2020), Pemuda Desa Bongkasa menorehkan prestasinya dalam kegiatan Festival Bulan Bahasa Bali Tahun 2020 di Cabang Bali Grafi yang diselenggarakan Jaba Pura Lingga Bhuana Kabupaten Badung. I Putu Agus Oka Darmawan sebagai perwakilan Desa Bongkasa berhasil membanggakan nama Desa Bongkasa sebagai Juara 3 Tingkat Kabupaten Badung. Bali Grafi merupakan seni melukis yang indah yang dituangkan dalam media kertas dengan menggunakan aksara bali dan memiliki makna tertentu.

Tema Bali Grafi yang diusung oleh Agus Oka Darmawan ialah bertemakan Kayonan dengan menonjolkan tiga aksara suci yang utama yaitu Ang Ung Mang serta berisikan tulisan Desa Bongkasa, yang sarat akan nilai-nilai moral dan spiritual yang tinggi. Karya yang dibuat oleh Agus Oka sangat berhubungan sekali dengan tema yang diusung oleh Bapak Gubernur Bali yaitu “Melarapan Bulan Bahasa Bali Nyujur Atma Kerthih”.

Agus Oka Darmawan menyatakan “ini merupakan pengalaman saya yang pertama untuk mengikuti ajang perlombaan dengan menggunakan aksara bali sebagai media atau kriteria yang utama, awalnya saya merasakan kesulitan untuk menggabungkan aksara supaya memiliki makna yang tentunya berhubungan dengan Tema Bulan Bahasa Bali. Namun terlepas dari itu saya sangat bersyukur dengan diadakan kegiatan ini saya mendapatkan pengalaman baru dan semoga melalui ajang ini generasi muda lebih cinta dan mau melestarikan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.” Pungkasnya.

003/KIM/BKS

  • 12 Februari 2020
  • Dibaca: 63 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita