Piodalan Mejaba Jero Kantor Desa Bongkasa 2020

  • 18 Januari 2020
  • Dibaca: 56 Pengunjung
Piodalan Mejaba Jero Kantor Desa Bongkasa 2020

Bongkasa-(10/01/2020), bertempat di Kantor Desa Bongkasa dilaksanakan Piodalan Majaba Jero. Dua hari sebelum puncak Piodalan dilaksanakan beberapa rentetan acara seperti Nuwasen, Nanceb, Melaspas Tetaring, Ngingsah, dan Negtegan yang dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2020 dan dipuput oleh Pemangku Pura Khayangan Tiga. Setelah itu pada Tanggal 9 Januari 2020 dilanjutkan dengan acara Nasarin, Memakuh, Mecaru, Nguripan, dan Memben Upakara yang dipuput oleh Pemangku Pura Khayangan Tiga. Pada Puncak Piodalan Majaba Jero diawali dengan Upacara Melasti atau Penyucian ke Beji Desa Bongkasa. Upacara Melasti bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan semua Tapakan Ida Bhatara yang akan Keaturan Piodalan, Upacara Melasti juga memiliki makna simbolis pencarian Tirta Amerta (air kehidupan) ke sumber mata air suci atau Campuhan.

Setelah Upacara Melasti, pada pukul 17.00 Wita dilanjutkan dengan Upacara Pucak Piodalan yang di puput oleh Ida Pedanda Istri Oka Parwati Griya Gede Bongkasa dan Pemangku Pura Khayangan Tiga. Pada Puncak Piodalan Karya Majaba Jero dipentaskan beberapa Tari Wali seperti Tari Topeng Sidakarya dan Tari Rejang Dewa yang bertujuan sebagai pemuput dari suatu Upacara. Karya Majaba Jero di Desa Bongkasa dihadiri oleh Bapak Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa.S.Sos, Perbekel Desa Bongkasa dan Staf Desa, Perbekel Bongkasa Pertiwi, BPD, Jero Bendesa Bongkasa dan Kutaraga, seluruh Pemangku yang berada di Desa Bongkasa, PKK Desa Bongkasa, Kader Lansia, Kader Sampah, LINMAS, BABINSA.

Puncak Piodalan Karya Majaba Jero juga dirangkaikan dengan acara Dharma Wacana yang berupan penyampaian ajaran-ajaran suci yang diberikan oleh I Nyoman Sukada, beliau memberikan Dharma Wacana mengenai Pemerajan atau Sanggah dan makna serta fungsi  dari masing-masing Pelinggih  Sanggah, beliau juga menjelaskan tentang sejarah dari Pemrajan. Karya Majaba Jero dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut dan akan selesai pada tanggal 13 Januari 2020. I Ketut Luki selaku Perbekel Desa Bongkasa menyampaikan rasa syukur dan bahagianya “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah antusias Ngayah untuk menyukseskan karya ini, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa selalu memberikan Wara Nugrahanya kepada kita semua sehingga kita bisa menjalankan Swadharma kita dengan baik, dan semoga masyarakat Desa Bongkasa menjadi masyarakat yang mandiri serta memiliki Sumber Daya Manusia yang semakin unggul dan berguna bagi Nusa dan Bangsa. Lewat Karya ini saya juga berharap semoga kita sebagai Umat Beragama selalu memperdalam Sradha dan Bhakti kita kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa sehingga hubungan yang harmonis Jagadhita bisa tercapai” Pungkasnya.

003/KIM/BKS

  • 18 Januari 2020
  • Dibaca: 56 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita