Upacara Melaspas Dan Nguripan Rangkaian Piodalan Majaba Jero di Kantor Desa Bongkasa

  • 11 Januari 2020
  • Dibaca: 32 Pengunjung
Upacara Melaspas Dan Nguripan Rangkaian Piodalan Majaba Jero di Kantor Desa Bongkasa

Bongkasa-(09/01/2020), Bertempat di Kantor Desa Bongkasa dilaksanakan Upacara Melaspas dan Nguripan dalam rangkaian Upacara Majaba Jero di Palinggih Kantor Desa Bongkasa. Upacara Melaspas dan Nguripan dipuput oleh Jero Mangku Khayangan Tiga Desa Adat Bongkasa dan Mangku Khayangan Tiga Desa Adat Kutaraga. Upacara ini diikuti oleh Perbekel Desa Bongkasa, BPD, Staf Desa, PKK Desa, Petugas Kebersihan, Jero Bendesa Adat Bongkasa, Kelian Adat lan Dinas se-Desa Bongkasa, BUMDES, KIM, dan masyarakat di Desa Bongkasa.

Kegiatan Melaspas dan Nguripan ini dimulai pada pukul 9 Wita, semua yang terlibat dalam Acara Melaspas dan Nguripan ini sangat khusuk. Upacara Melaspas bertujuan untuk menyucikan suatu bangunan yang baru selesai dibuat, agar bangunan tersebut memiliki nilai kesucian dan kebersihan terbebas dari kotoran sebelum siap digunakan sebagai tempat menstanakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Sementara Upacara Nguripan bertujuan untuk memberikan Jiwa atau spirit kepada bangunan ataupun arca/pralingga dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Perbekel Desa Bongkasa I Ketut Luki menyampaikan “hari ini merupakan hari yang baik sehingga dipilih untuk melaksanakan Upacara Melaspas dan Nguripan rangkaian dengan Upacara Majaba Jero yang akan dilaksakan Besok 10 Januari 2020. Upacara Melaspas dan Nguripan ini bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan bangunan suci sebelum diupacarai lebih lanjut, serta bertujuan untuk memasukkan spirit atau kekuatan dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk berstana di Daksina Linggih. Saya selaku Perbekel sangat bersyukur dan berharap semoga upacara yang akan dilaksanakan berjalan dengan lancar dan semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan Waranugrahanya kepada kita semua sehingga Jagad Dhita mampu terwujud”.Pungkasnya.

003/KIM/BKS

  • 11 Januari 2020
  • Dibaca: 32 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita