Generasi Muda Bongkasa Tunjukan Semangat Belajar Aksara Bali Melalui Gerakan Bongkasa Membaca

  • 02 Desember 2019
  • Dibaca: 8 Pengunjung
Generasi Muda Bongkasa Tunjukan Semangat Belajar Aksara Bali Melalui Gerakan Bongkasa Membaca

Bongkasa-(30/12/2019). Seluruh anak sekolah Dasar yang berada di Desa Bongkasa berkumpul di Balai Banjar Tohpati untuk mengikuti kegiatan Gerakan Bongkasa Membaca. Gerakan Bongkasa Membaca dihadiri oleh Bapak Perbekel Desa Bongkasa, Perangkat Desa, BPD, Kelian Dinas Tohpati, Jero Bendesa Tohpati, Guru-guru SD di Desa Bongkasa, Penyuluh Bahasa Bali, dan KIM Desa Bongkasa. Kegiatan Bongkasa membaca rutin dilaksanakan setiap satu bulan sekali yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan kecintaan anak-anak terhadap minat baca dan mampu menuangkannya kembali melalui catatan-catatan kecil yang disebut dengan ringkasan.

Gerakan Bongkasa Membaca diawali dengan registrasi dan dilanjutkan dengan senam bersama yaitu senam Bali Membaca, anak-anak Desa Bongkasa yang mengikuti Gerakan Bongkasa Membaca sangat antusias karena dengan diadakannya Gerakan Bongkasa Membaca mereka bisa bersosialisasi dan bergembiri bersama teman-temannya sekaligus mereka bisa menambah pengetahuan Baru. Selain itu dalam Gerakan Bongkasa membaca juga diberikan materi mengenai Aksara dan Bahasa Bali oleh Penyuluh Bahasa Bali I Wayan Miarsa, anak-anak sangat menikmati proses belajar yang santai namun penuh kesan kehangatan yang mendalam.

Setelah diadakan kegiatan pemberian literasi, maka dilanjutkan dengan pembukaan Gerakan Bongkasa Membaca yang dibuka langsung oleh Bapak Perbekel Desa Bongkasa I Ketut Luki beliau menyampaikan beberapa hal mengenai Gerakan Bongkasa Membaca

“saya sangat senang dan berbangga kepada anak-anak SD se-Desa Bongkasa dan saya berharap melalui kegiatan ini minat serta kemampuan anak-anak untuk membaca dan menulis semakin meningkat, karena anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi harapan bangsa untuk kedepannya.” Ungkapnya.

Setelah acara dibuka maka dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang Duta Baca Bongkasa dan Duta Baca Sekolah. Pemenang ditentukan dengan perolehan jumlah ringkasan yang paling banyak. Gerakan Bongkasa Membaca kali ini disematkan kepada Ni Putu Desinta Antakana dari SD No 4 Bongkasa, sementara itu yang menjadi Duta Baca Sekolah yaitu Ni Kadek Anggi Cantika Putri dari SD No 2 Bongkasa, dan Ni Wayan Anugrahita Puspa Dewi dari SD No 1 Bongkasa.

003/KIM/BKS

  • 02 Desember 2019
  • Dibaca: 8 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita