Cermati Dampak Negatif Bullying

  • 22 November 2019
  • Dibaca: 19 Pengunjung
Cermati Dampak Negatif Bullying

Bongkasa-(22/11/2019) Dewasa ini kalian tentu sering mendengar kata bullying, bahkan dalam berita, kasus bullying ini pernah terjadi trending topik pembahasan dunia. Banyak kasus-kasus yang menunjukkan bahwa bullying memiliki dampak yang merugikan terutama bagi si korban bullying itu sendiri.

Indonesia adalah Negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke empat di dunia dengan jumlah penduduk mencapai 269 juta jiwa (Worldometers, 2019). Dengan populasi yang tinggi, memungkinkan ada banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya merawat kesehatan mental. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Kemenkes 2018 tercatat, angka prevalensi depresi di Indonesia untuk kelompok usia lebih dari 15 tahun sebesar 6,1 persen atau 11.3 juta.Penyebab Gangguan kesehatan mental pun bergam mulai dari kecelakaan, kekerasan, penyiksaan dan bullying. Pada era teknologi ini memungkinkan terjadinya kasus yang semakin berdampak pada kesehtan mental. Salah satunya adalah tindakan bullying yang dilakukan secara verbal ataupun dilakukan di media sosial (cyberbullying).

Lalu Apa itu bullying? Bullying adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional/psikologis oleh sesorang atau kelompok yang merasa lebih kuat kepada korban yang lebih lemah. Bentuk dan dampak bullying sendiri pun beragam, selain menyakiti secara fisik ataupun verbal, aksi bullying juga marak dimedia sosial. Bentuknya pun beragam mulai dari ejekan, hinaan, ancaman, hacking atau bahkan penyebaran konten negatif. Seperti yang dilansir dari suara.com artis korea Suli yang merupakan mantan anggota girl band f(x) yang ditemukan meninggal dirumahnya pada Senin, 14 Oktober 2019. Suli diduga semasa hidupnya kerap mendapat kritik dan bullying dimedia sosial hingga mengakibatkan depresi berat yang diakhir dengan bunuh diri.

Dampak Negatif

Anak-anak atau remaja yang menjadi korban bullying lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Adapun masalah yang lebih mungkin diderita antara lain:

  • Munculnya berbagai masalah mental seperti depresi, kegelisahan dan masalah tidur, masalah ini mungkin akan terbawa hingga dewasa.
  • Keluhan kesehatan fisik, seperti sakit kepala, sakit perut dan ketegangan otot.
  • Rasa tidak aman saat berada di lingkungan sekolah.
  • Penurunan semangat belajar dan prestasi akademis.
  • Dalam kasus yang cukup langka,korban bullying mungkin akan menunjukkan sifat kekerasan.
     

001/KIM/BKS

  • 22 November 2019
  • Dibaca: 19 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita