Nasib Para Siswa Tamatan Tahun 2020

  • 08 April 2020
  • Dibaca: 91 Pengunjung
Nasib Para Siswa Tamatan Tahun 2020
Pandemi COVID-19 seolah menjadi isu yang menghantui seluruh negara di dunia. Tidak terkecuali Indonesia, bukan hanya mempengaruhi kondisi perekonomian saja namun hampir sebagaian besar aktivitas berskala nasional harus ditunda atau terancam diberhentikan sementara akibat pandemi ini.
 
Hal tersebut juga berlaku sama di sektor pendidikan yang juga imbas dari COVID-19 membuat rangkaian pembelajaran disekolah harus dilanjutkan dirumah  dengan metode  daring. Parahnya lagi Ujian Nasional (UN) pun dibatalkan tahun ini. Sangat bersejarah! Itulah ungkapan yang tepat untuk tahun 2020 ini. Ditengah kekawatiran pandemi COVID-19 yang banyak menyimpan keresahan bagi masyarakat Indonesia, hal tersebut juga banyak membuat para siswa se-Indonesia galau.
 
Sebut saja celetukkan salah satu siswa disosial media twitter yang hingga menjadi tranding topik waktu itu. Dengan hastag #lulusjalurcorona , banyak diantara warganet yang berkomentar sembari menyindir bahwa tahun ini adalah berkah bagi siswa karena tidak perlu repot-repot untuk UN seperti angkatan tahun sebelumnya agar dapat lulus sekolah. Namun tak sedikit juga yang merasa sedih karena enggan disebut calon mahasiswa jalur corona, selain itu siswa juga tak sempat merasakan kelulusan dan perpisahan dengan sekolah mereka masing-masing.
 
Hal yang Tidak kalah mengagetkan lagi untuk para siswa yang kini menginjak di kelas 12 dan akan menuju perguruan tinggipun tidak harus mengikuti test serumit ditahun-tahun sebelumya. Ibarat menang jeckpot, masuk perguruan tinggi kini hanya perlu mengikuti test potensi skolastik (TPS). Dan Untuk jalur SNMPTN akan diumumkan pada 8 april 2020 sedanngkan hasil SBMPTN akan di umumkan pada 25 Juli 2020.
 
Pembatalan UN serta berbagai kebijakan ini, sedikit tidaknya akan berpengaruh juga pada proses PPDB tahun 2020. Namun mentri pendidikan Nadiem Makarim menyatakan bahwa PPDB akan tetap berlangsung sesuai dengan presentase penerimaan peserta sebanyak 50% jalur zonasi, 30% jalur prestasi, 15 jalur afirmasi dan 5% jalur pindahan.
 
So jadi buat sobat semua yang tamat ditahun ini jangan berkecil hati dan jangan juga bersantai sebab kalian juga harus mempersiapkan dengan baik, meskipun keadaan tidak mendukung namun semangat haruslah membara. Ingat angakatan tahun 2020 pasti akam tekenang sepanjang masa.
 
 
001/KIM/BKS
  • 08 April 2020
  • Dibaca: 91 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel