Makna Banyu Pinaruh

  • 09 Desember 2019
  • Dibaca: 226 Pengunjung
Makna Banyu Pinaruh

Perayaan upacara Banyu Pinaruh memang disambut antusias oleh kalangan umat Hindu di Bali, apalagi oleh kaum muda memanfaatkan perayaan tersebut selain sebagai simbol untuk membersihkan diri secara rohani dan jasmani juga sambil wisata. Berdasarkan keyakinan Hindu Banyu Pinaruh sendiri berasal dari kata Banyu berarti air dan pinaruh artinya pangeweruh atau pengetahuan.

Banyu pinaruh berasal dari kata banyu yang artinya air (kehidupan), dan pinaruh yang berasal dari kata weruh atau pinih weruh. Weruh sendiri bermakna pengetahuan, sehingga dapat dikatakan banyu pinaruh adalah hari dimana kita memohon sumber air pengetahuan. Dan secara filosofi bermakna membersihkan atau menyucikan diri dengan air ilmu pengetahuan, karena memang pikiran yang kotor atau kegelapan hanya bisa dibersihkan dengan pengetahuan suci.

Banyu Pinaruh dilaksankan sehari setelah Hari Saraswati yang merupakan perayaan turunnya ilmu pengetahuan, tepatnya pada hari Minggu, Pahing wuku Sinta, pada saat inilah merupakan penanggalan pertama kalender Bali, saat pagi hari menjelang sebelum mengawali kegiatan, umat Hindu datang ke sumber air atau pantai untuk melaksanakan ritual pembersihan diri.

Tempat-tempat lainnya yang menjadi tujuan saat upacara Banyupinaruh seperti kawasan air terjun, pantai, pancoran, tukad dan banyak lagi tempat lainnya yang dianggap suci. Dimana masyarakat akan datang bersama keluarga dan juga anak-anak untuk melakukan pembersihan diri. Banyu Pinaruh tersebut bertujuan untuk membersihkan diri kita baik lahir maupun batin, melakukan ritual mandi di sumber air suci atau pantai yang diharapkan bisa melebur Dasa Mala semacam sepuluh sifat kotor pada diri manusia, kemudian menyucikannya dengan ilmu pengetahuan sehingga kita bisa dibebaskan dari lautan kebodohan serta dosa, agar memperoleh kekuatan serta kemampuan untuk menyongsong tantangan di hari-hari selanjutnya.

 

001/KIM/BKS

  • 09 Desember 2019
  • Dibaca: 226 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel